About

S

uatu kenyataan yang ada di Indonesia, diberbagai tempat dijumpai kaum muda yang sudah berkarya, baik secara mandiri maupun dilembaga instansi negeri atau swasta . Mereka adalah sejumlah orang yang berkesempatan mengembangkan diri dan berjuang lewat karya masing – masing. Dimana karyawan itu masih banyak yang masih ‘Muda’ dari segi usia dan pengalaman, serta berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Hal ini dapat menjadi motivasi yang berpengaruh pada seluruh karya, bahkan bagi kehidupan yang lebih luas. Diantara mereka beragama Katolik, meskipun sedikit jumlahnya, mereka diharapkan menunjukkan kekatolikan di tempat kerja, baik sikap maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam rangka membagikan dan menyegarkan semangat kerja demi tercapainya cita-cita bangsa dan negara, yakni menciptakan masyarakat adil dan makmur, karyawan Muda Katolik sebagai warga negara Republik Indonesia mempunyai hak dan kewajiban mengambil bagian dan terlibat langsung dalam mengembangkan daya tenaga dan pikiran.

Banyak tantangan yang dihadapi oleh karyawan muda di tempat kerjanya, memacu mereka untuk mempersatukan diri dalam sebuah kelompok untuk mencari, menggali dan menegakkan nilai-nilai Kristiani, yang mereka sadari sebagai suatu kebutuhan agar dapat memberi wujud nyata bagi setiap karya. Dengan demikian mampu mengabdikan diri kepada bangsa Indonesia melalui kegiatan–kegiatan bersama dengan dasar pribadi yang utuh, profesionalisme kerja yang memenuhi hakekatnya sebagai manusia ciptaan Tuhan.

Mewujudkan cita-cita perjuangan dan mengantisipasi perkembangan di masa mendatang, diperlukan sebuah wadah yang mampu menampung aspirasi, maka dibentuk sebuah organisasi dengan nama Kelompok Karyawan Muda Katolik atau KKMK .